Sabtu, 18 Juni 2016

Memilih Ikan Asin Jambal Roti Super

Ikan Asin Jambal Roti Khas Pangandaran

Banyak yang menanyakan apa sih bedanya ikan asin jambal roti super dan jambal roti biasa? Tentu saja ada bedanya. dari namanya saja sudah jelas beda hehe... piss.

Namun juga, tidak sedikit yang memilih jambal roti yang biasa dengan harga lebih murah. tapi bukan murahan lho....

Begini sob perbedaan jambal roti super dan yang bukan super. Sebetulnya jambal super dan jambal biasa berbeda semenjak dari asal pembuatannya. Jambal super lebih memakan proses yang lama, sementara jambal roti biasa terbilang lebih cepat.

Nah untuk kali ini, saya hanya akan membahas mengenai bagaimana mengenali jambal super atau jambal biasa yang beredar di pasaran? Oke cekidok.

1. Jambal super.
Jika anda hendak membeli dan ingin memilih jambal super supaya ga ketipu sama si pedagang perhatikan warna jambalnya. Jambal super berwarna agak kecoklatan atau kekuning-kuningan. Teksturnya empuk 'ngeprul' seperti roti, makanya disebut jambal roti.

2. Jambal Roti Biasa
Untuk jambal roti biasa, agan bisa mengenalisanya dari warna yang agak sedikit putih, namun bukan diformalin ya sob. Tekstrurnya agak lebih keras atau tidak seperti roti. bila agan mau membeli silakan tanya dahulu kepada pedagang. Ini jambal super atau bukan?

Sementara soal bau atau adanya minyak di dalam kemasan ikan asin jambal roti, itu memang demikian. Bukan berarti dikasih minyak atau apa ya. Soal bau ya maklum karena jambal itu kan berbahan ikan yang hanya diawetkan dengan garam ya jadi baunya memang khas.

Satu lagi, jangan heran jika jambal roti  dihinggapi lalat. Pilihlah yang dihinggapi lalat karena adanya lalat menandakan bahwa pengawetan jambal roti benar-benar alami hanya dengan garam bukan dengan pengawet buatan seperti formalin dan lain-lain.








Tidak ada komentar: