Selasa, 26 Juni 2012

Jambal Roti Khas Pangandaran


       Pangandaran memiliki berbagai khas kuliner. Salah satu khas kuliner yang tak kalah dengan sea food Pangandaran adalah jambal roti. Ikan asin jambal roti merupakan ikan asin besar yang rata-rata di atas tiga ons atau empat ons yang di asin. Ikan yang di asin dan dijadikan jambal roti ini biasanya ikan Kadukang (bahasa setempat) yang bentuknya mirip dengan ikan keting air tawar, namun lebih besar dalam ukurannya dan ikan kadukang ini berasal dari laut.
       Di pangandaran jambal roti dapat di peroleh di central penjualan jamba roti seperti di pasar ikan pangandaran, pantai barat pangandaran dan pedagang-pedagang keliling pantai. Wisatawan pangandaran dapat menikmati jambal roti pangandaran ini baik secara langsung digoreng di rumah makan-rumah makan (setelah beli jambal minta saja kepada koki rumah makan untuk menggorengnya, satu kilo sekitar dua puluh ribu atau tiga puluh ribu ongkos menggorengnya). Selain dapat disantap langsung, jambal roti juga dapat di bawa pulang ke rumah untuk oleh-oleh sanak famili atau tetangga terdekat.
Tidak perlu khawatir jambal roti akan basi atau busuk karena setelah melalui proses penggaraman yang kurang lebih satu hari ikan asin ini dapat bertahan lama, malah konon apabila lebih lama lebihy bagus yang dapat menjadi jambal super dan harganya pun lebih mahal dari jambal biasa.  
Asin jambal roti sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, dan ikan asin jambal roti pangandaran diproses secara alami tanpa bahan pengawet dan zat kimia apapun. Konon juga, ikan asin jambal roti baik untuk meningkatkan darah, baik bagi penderita darah rendah. Silakan dicoba saja atau Tanya dokter atau orang-orang yang sudah pernah merasakan khasiat jambal roti.

Tidak ada komentar: